Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Cirebon akan Dipisah

Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Cirebon akan Dipisah

CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon bakal memisahkan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (DKOKP). Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis ditemui usai menghadiri rapat paripurna di ruang Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Kamis (1/10).

\"DKOKP yang akan dipisah. Nantinya Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pariwisata akan berdiri sendiri,\" ungkapnya.

Dijelaskan wali kota, pemisahan tersebut bertujuan agar lebih efektif dalam melaksanakan tugasnya.

Baca juga:

Breaking News: Salah Satu Anggota DPRD Kota Cirebon Dinyatakan Positif Covid-19

Bantu Pemerintah, Hotel Langensari Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Kandidat Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Versi Ulama Bertambah Jadi 17

\"Berdasarkan hasil kajian yang telah kami lakukan perlu adanya perubahan-perubahan di tingkat dinas agar lebih efektif di dalam menjalankan tugasnya serta lebih bisa produktif dalam menghasilkan hasil kerja untuk kepentingan pembangunan Kota Cirebon,\" jelasnya.

Disinggung terkait pencabutan Raperda soal Cagar Budaya, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menuturkan, perangkat raperda tersebut dianggap masih belum lengkap.

\"Sebetulnya kami masih melihat perangkatnya untuk menetapkan menjadi perda masih belum lengkap. Sebagai penggantinya kami akan membuat semacam badan atau balai cagar budaya yang meneliti apakah itu layak dianggap situs atau bukan,\" tuturnya.

Perlu diketahui, DPRD Kota Cirebon dan Pemkot Cirebon menghentikan pembahasan mengenai Raperda tentang Cagar Budaya.

Padahal sebelumnya sejumlah unsur pimpinan DPRD Kota Cirebon menyampaikan akan membahas kembali dan merancang Raperda Cagar Budaya bersama pihak yang ahli dalam seni, budaya dan pelestarian cagar budaya.

Namun, DPRD dan Pemkot Cirebon menghentikan raperda tersebut. Padahal banyak aset peninggalan para leluhur berupa situs dan petilasan yang memiliki nilai sejarah di Kota Cirebon yang masih ada, sehingga harus dilestarikan agar tidak hilang. (rdh)

https://youtu.be/UOZZlqjdrKk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: